Selasa, 14 Juni 2016

Webometrics Ranking of World Universities

Webometric adalah sistem perangkingan Perguruan Tinggi di Dunia yang diinisiasi oleh Cybermetrics Lab (Spanish National Research Council, CSIC). Tujuan sistem rangking ini adalah untuk menyediakan informasi yang handal, akurat, multidimensi dan berguna kepada masyarakat tentang kinerja perguruan tinggi di seluruh dunia berdasarkan kehadiran dan dampaknya di dunia maya (internet space). Sistem ini dimulai di tahun 2014 yang selanjutnya setiap 6 (enam) bulan sekali dikeluarkan informasi rangking terkininya.
Sistem perangkingan Webometric ini menarik karena sifatnya yang terbuka, independent, obyektif dan gratis/berbiaya rendah. Sehingga semua perguruan tinggi besar maupun kecil bisa mengikuti sistem ini dan memperoleh feedback yang fair tentang kinerja dan posisinya dibandingkan institusi lain.
Tujuan utama Webometric Rank adalah mendorong kehadiran informasi akademis di dunia maya, agar meningkatkan proses transfer ilmu pengetahuan dan budaya yang dihasilkan oleh perguruan tinggi kepada seluruh masyarakat. Publikasi rangking merupakan salah satu alat yang terbukti efektif untuk memulai dan memaksa proses perubahan dikalangan akademis, meningkatkan komitmen para cendekiawan dan mendorong dibuatnya rencana strategis dalam jangka panjang.
Sistem ini tidak mengevaluasi Websites (Laman), baik desain, kegunaan ataupun popularitas berdasarkan jumlah kunjungan pada laman tersebut. Indikator Laman hanya digunakan sebagai proxies/ jembatan untuk mengevaluasi secara tepat dan komprehensif kinerja global perguruan tinggi, dengan memperhitungkan kegiatan akademis dan keluarannya, serta relevansi dan dampak yang dihasilkan bagi masyarakat.
Pada akhirnya rangking yang handal hanya mungkin diperoleh jika kehadiran laman universitas adalah benar-benar merupakan cermin lembaga tersebut di dunia nyata nya. Dimasa datang Laman Universitas di Dunia Maya akan memiliki nilai penting sebagai media komunikasi publik, saluran pembelajaran jarak jauh, forum terbuka untuk berinteraksi dengan komunitas dan masyarakat,sekaligus merupakan etalase universitas untuk menarik orang-orang berbakat, meraih pendanaan dan sumber daya external.
Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%).

Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2014) dan di Google Scholar (tahun 2007-2014).

Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files.

Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google).
Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).
Metodologi
Laman awal Webometrics
10 besar dunia
15 besar Indonesia
Referensi:


0 komentar:

Posting Komentar