Di zaman yang semakin modern ini banyak sekali perusahaan-perusahaan baru
(start-up) yang bermunculan dan bertambah dari hari ke hari. Lantas bagaimana
agar sebuah perusahaan baru maupun perusahaan lama untuk tetap bertumbuh dan
bertahan dari persaingan bisnis yang semakin ketat?
Berikut
cara-cara yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan agar dapat bersaing
dengan pesaing mereka:
- Melakukan branding secara terus – menerus
- Cari lebih banyak variasi produk
Untuk bisa bertahan dalam pasar dengan banyak pesaing kita di dalamnya, tentu kita harus punya sesuatu yang lebih banyak atau bahkan lebih unik dari mereka. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan riset kepada para pesaing kita, mulai dari produk apa saja yang saat ini mereka jual, pelayanan apa saja yang saat ini mereka berikan dan lain sebagainya. Selain itu kita juga bisa mulai membuat lebih banyak lagi variasi produk dari yang biasa kita jual. Saat kita tetap menjual produk yang biasanya, ini membuat pembeli bosan dengan apa yang kita sajikan. Mereka pasti mencari sesuatu yang baru dan jika kita ingin agar mereka terus mencari kita, jelas dengan menciptakan lebih banyak produk baru yang lebih bervariasi. - Menciptakan inovasi baru
- Bekerjasama dengan berbagai pihak
- Mau untuk cross selling dengan competitorSelain kolaborasi, kita juga bisa melakukan cross selling dengan kompetitor. Jangan kira kompetitor tidak bisa menjadi teman bagi bisnis kita. Sekalipun dalam dunia bisnis kita bersaing untuk mendapatkan pelanggan dan menjual produk. Tapi kompetitor terkadang juga membantu kita, terlebih saat kita tidak memiliki produk yang dicari pelanggan, sedangkan kompetitor kita memilikinya. Kerjasama dengan kompetitor perlu untuk kita lakukan. Saling melengkapi dan mendukung.
- Ciptakan media baru dalam pasar yang dimilikiSedikit sekali pemilik bisnis online menggunakan website dan media online untuk mempromosikan produk mereka. Apalagi di saat produk yang mereka jual biasa dijual secara offline. Seperti halnya produk makanan yang biasa dijual offline, kini bisa dijual secara online. Jelas ini berkat kejelian pemiliknya untuk melihat peluang di media online.
- Give and give dengan customerKalau ingin terus diingat dan dicari pelanggan, hal yang harus kita lakukan adalah dengan memberlakukan sistem “Give and Give” bukan hanya “Take and Give”. Saat pelanggan memberikan uang mereka untuk produk kita, tidak ada salahnya kita memberikan bukan hanya yang mereka inginkan dan butuhkan, tapi memberikan lebih dari yang mereka bayangkan. Mulai dari pelayanan yang optimal sampai dengan hadiah berupa voucher diskon dan lain sebagainya.Tidak ada salahnya kan memberikan lebih kepada pelanggan. Bukan hanya sebagai ucapan terima kasih, tapi juga untuk memberikan kesan kepada mereka, bahwa kita siap untuk membantu mereka.
- Optimalkan usaha promosi baik online maupun offlineKini bisnis bisa dilakukan dimana saja. Bisnis offline butuh media online untuk promosi, dan bisnis online butuh media offline untuk lebih mengenalkan bisnis mereka. Setiap media bisa dijadikan media promosi bagi bisnis kita. Mulai dari brosur, poster, sosial media sampai dengan iklan seperti Adwords hingga iklan di televisi. Untuk tetap bertahan dan terus mengembangkan bisnis, perlu bagi kita untuk masuk ke media apapun untuk melakukan promosi. Gencar melakukan promosi akan membantu kita mengenalkan bisnis dengan lebih mudah.
- Selalu update dan lakukan pengembanganTetap memperhatikan kebutuhan dan juga keinginan pelanggan. Jika ingin terus dicari dan diingat pelanggan, berikan kesan terbaik kepada mereka. Salah satunya adalah dengan menunjukkan bahwa bisnis kita selalu up to date, baik terhadap perkembangan produk, media promosi yang digunakan bahkan sampai dengan pelayanan dan teknologi terbaru yang saat ini sedang menjadi trend di masyarakat. Dengan mengikuti trend dan terus up to date, kita dengan mudah bisa diterima oleh pelanggan dan bahkan pasar yang lebih luas lagi.
- Miliki quality control yang baik untuk produk dan pelayananPaling penting dan tidak bisa dikesampingkan adalah dengan melakukan quality control terhadap produk dan pelayanan secara rutin. Tidak ada bisnis yang berhasil bertahan saat kualitas produk tidak bisa tetap bertahan dengan baik dan kualitas pelayanan menjadi menurun. Semua harus masuk dalam daftar hal yang terus dikembangkan. Quality control untuk produk dan pelayanan harus dilakukan setiap hari. Apalagi saat kita memiliki pegawai yang membantu kita dan produk kita sudah mulai dikenal oleh banyak orang.
- Memberikan kompensasi jika terjadi keterlambatanBerani bertanggung jawab jika terjadi sesuatu. Hal ini akan sangat diapresiasi oleh pelangganmu. Jika memang salah minta maaf saja. Jika terjadi keterlambatan pengiriman misalnya, berikan kompensasi untuk pelangganmu.
- Mengganti segmentasi pasarHal terakhir jika kamu mengalami kesulitan dengan kompetitormu, maka kamu bisa mengganti segementasi pasar untuk produk kamu. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti segmen pasar adalah tentukan dan pastikan terlebih dahulu segmen yang baru, selain itu kamu juga harus menaikkan tingkat kualitas produk dan pelayanan yang kamu berikan.
Baik online maupun offline, yang namanya bisnis harus terus membangun brand mereka. Ini tidak berhenti ketika kita memiliki nama bisnis, website dan nama domainnya, logo bahkan desain packaging produk. Tapi upaya untuk branding harus terus dilakukan. Banyak hal yang bisa kita lakukan agar setiap orang bisa mengenal dan bahkan terus mencari bisnis kita untuk memberikan mereka solusi. Contohnya mulai dari kartu nama kita, sticker yang bisa ditempel dimana – mana, sampai brosur dan merchandise yang bisa kita berikan saat kita mengikuti seminar, pameran atau acara networking lainnya.
Jika kita mau menciptakan lebih banyak variasi produk, hal yang harus kita lakukan adalah mengumpulkan sebanyak mungkin ide untuk menciptakan inovasi terbaru untuk bisnis kita. Bukan hanya dari segi produk, bisa juga dari segi tampilan website, packaging dan lain sebagainya. Penting untuk kita terus menciptakan inovasi baru yang mendukung bisnis kita yang sudah ada. Ini berlaku jika kita berada di pasar yang memiliki jumlah pemain sangat banyak dan produk kita sudah sangat dikenal oleh masyarakat.
Tidak ada bisnis yang sukses tanpa melibatkan orang lain. Setiap bisnis pasti membutuhkan kerjasama dengan pihak lain di luar bisnis kita. Kerjasama inilah yang bisa membantu kita bukan hanya mendapatkan kemudahan menjual produk, tapi juga mendapatkan pelanggan sampai dengan menciptakan inovasi baru. Kerjasama dalam bisnis harus dilakukan, apalagi saat kita ingin masuk ke dalam pasar bisnis yang lebih luas lagi. Salah satunya dengan melakukan bandling.
Referensi:
http://mebiso.com/12-rahasia-agar-bisnis-terus-tumbuh-dalam-persaingan-bisnis-yang-semakin-ketat/
http://mebiso.com/12-rahasia-agar-bisnis-terus-tumbuh-dalam-persaingan-bisnis-yang-semakin-ketat/
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut